Sabtu, 23 Maret 2013

Tugas Softskill : Pengalaman Mengenal Web Internet Dari Awal


Di era telekomunikasi seperti sekarang ini, internet bukan lah menjadi hal yang asing bagi masyarakat. Dilihat dari penggunanya, internet kini tidak hanya digunakan oleh masyarakat perkotaan atau dengan kondisi ekonomi menengah keatas saja, tapi sudah dapat dijangkau juga oleh masyarakat daerah dan juga mereka dengan ekonomi menengah kebawah.

Pengalaman saya sendiri pertama kali menggunakan dan mengenal web internet, adalah pada saat saya masih duduk di kelas 1 SMP atau tahun 2005, saat itu saya masih tinggal bersama orangtua di Aceh. Teknologi jaringan internet di Aceh pada saat itu belum secanggih sekarang, belum ada warnet, belum ada WiFi, untuk mengakses internet saya harus melakukan proses Dial-Up menggunakan kabel telefon rumah (TelkomnetInstan).

Alamat web yang sangat popular dan saya coba pertama kali pada saat itu adalah Yahoo.com , situs ini menyediakan layanan Surat elektronik (E-Mail), search engine, dan lain-lain. Hampir semua kebutuhan informasi dan komunikasi yang saya butuhkan pada saat itu saya akses di situs ini, saya biasa mencari informasi-informasi pada mesin pencarian Yahoo!, membaca berita terbaru,dan lain-lain sebagainya.

Beberapa waktu kemudian saya mulai terbiasa mengakses web internet melalui handphone, signal internet di Aceh melalui handphone pada saat itu masih GPRS dan biaya nya masih tergolong mahal. Salah satu provider dengan biaya yang terjangkau pada saat itu adalah IM3, terkadang handphone yang saya pakai saya koneksikan sebagai modem untuk mengakses internet melalui computer.

Duduk dikelas 2 SMP(2006-2007), saya mulai mengenal Friendster, salah satu situs jejaring social di internet yang sangat booming pada saat itu. Google juga mulai eksis dan digunakan banyak orang. Pada tahun itu kemudahan akses informasi dan komunikasi internet mulai ramai digunakan oleh banyak orang.
Tahun 2008 Facebook mulai ramai digunakan, Friendster yang dahulunya sangat digemari perlahan mulai ditinggalkan. Saya sendiri sangat tertarik dengan Facebook pada saat itu, sebagai orang yang sangat senang bersosialiasasi.

 Facebook diawal kemunculan nya sudah sangat menarik karena menawarkan beberapa kelebihan dibanding Friendster, misalnya dapat digunakan untuk Chatting, fitur pencarian di facebook juga dapat digunakan untuk mencari teman-teman lama, hal ini karena kita dapat men-share riwayat sekolah ataupun pekerjaan disini.

Sekarang, saya menggunakan Web Internet tidak hanya untuk keperluan komunikasi atau hiburan melalui media social saja, tapi juga sebagai alat untuk memperbarui perkembangan perkuliahan saya seperti mengecek nilai, melihat jadwal, mengumpulkan tugas, juga mengikuti kelas Virtual atau pembelajaran jarak jauh.
Itulah pengalaman saya mengenal Internet Web dari awal sampai sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar