Selasa, 26 Maret 2013

Perkembangan Web Science : Social Media


1.    Pengertian Social Media


Social Media adalah salah satu media online yang dapat diakses melalui Web, dimana para pengguna nya dapat dengan mudah melakukan komunikasi, interaksi, juga berpastisipasi dengan cara membuat atau membagi isi berupa blog, jejaring social, wiki, forum, dan lain-lain. Jejaring social dan blog adalah dua contoh social media yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"

2.    Perkembangan Social Media
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut  :
·         1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduhPerangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem
·         1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
·         1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu SixDegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun,Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
·         1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
·         2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
·         2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
·         2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
·         2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
·         2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
·         2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
·         2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Dari data perkembangan diatas, dapat disimpulkan bahwa media social memang bukan hal yang baru, perkembangan awal nya dimulai dari tahun 1978, hanya saja pada saat itu pengguna media social belum seumum saat ini, di Indonesia sendiri social media pertama yang booming di masyarakat adalah Friendster pada tahun 2005-2008 sebelum Facebook hadir di Indonesia pada tahun 2007. Sebenarnya masih ada beberapa lagi social media yang tidak disebutkan diatas, hanya saja social media tersebut tidak terlalu booming sehingga dinilai tidak terlalu mempengaruhi perkembangan media social.

3.    Keuntungan dan kerugian menggunakan social media.
Social media telah merubah gaya hidup hampir semua lapisan masyarakat. Kehadiran social media memang memberikan banyak keuntungan, namun disamping itu ada pula kerugian atau sisi negative yang muncul dari penggunaan social media yang tidak tepat.
Keuntungan menggunakan social media misalnya adalah seorang penulis dapat dengan mudah mempublikasikan karya tulisannya kepada pembaca melalui Blog, atau pengguna facebook yang sekedar ingin berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang tinggal dikota yang berbeda, saling berbagi konten, dan lain-lain.
Sedangkan kerugian yang ditimbulkan adalah kehadiran media social telah merubah pemikiran sebagian orang tentang social yang sebenarnya, beberapa orang yang terlalu banyak menggunakan dan aktif di media social, kenyataan malah sebaliknya atau pasif di dunia sosial yang sebenarnya. Contoh lain tidak sedikit pula pegawai yang kinerja nya menurun akibat terlalu sering menggunakan sosial media di kantor pada jam kerja, juga beberapa pengguna yang menyebarkan konten-konten yang melampaui batas etika penyebaran konten.

4.    Beberapa social media yang terkenal.
Jejaring social : Facebook, Twitter, Friendster, dll.
Content Sharing : YouTube ( Video ), Flickr (Foto), Instagram (Foto), dll.
Blogging : Blogspot, Blogdetik, Kompasiana.
Wiki : Wikipedia, Wikia

Referensi :
1.     Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein (2010) "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68.
2.      Gamble, Teri and Michael. Communication works. Seventh edition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar