Minggu, 10 November 2013

Mengenal Blender (perangkat lunak)





1.Pengertian
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja.
Di Blender juga tersedia Game Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan ada juga Cycles render.

Rilis perdana1995
Rilis stabil2.66a / 6 Maret 2013; 7 bulan yang lalu[1]
Bahasa pemogramanCC++, dan Python
Sistem operasiMicrosoft WindowsMac OS X,Linux, dan FreeBSD
JenisGrafika komputer 3D
LisensiGPL
Situs web resmiwww.blender.org

Tampilan Blender 2.63

2. Sejarah

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum


Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender tersu berlanjut hingga saat ini.

3. Fitur-Fitur 
Berikut adalah fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Blender.
1. Modeling
  • Sangat cepat pembagian permukaan Catmull-Clark dengan tampilan iso-baris yang optimal dan mengedit ketajaman
  • Kendali multiresolusi patung kemampuan dengan 2D bitmap/3D sikat prosedural (Paint, Smooth, Pinch) simetri pendukung

2. Rigging
  • Skinning otomatis yang benar-benar bekerja (panas ekuilibrium based)
  • Mirror editing (penciptaan tulang dan lukisan berat)
  • deformer Volume menggunakan sangkar mesh untuk berubah bentuk jerat kompleks dengan hasil yang bagus

3. Animasi
  • Otomatis walkcycles sepanjang jalan
  • Mengedit dan membuat blendshapes baru dari target yang ada
  • Karakter animasi pose editor
  • Audio playback, mencampur dan mengedit suara dukungan untuk sinkronisasi

4. Rendering
  • Interaktif panel preview rendering pada tampilan 3d
  • Realistis defocus (DOF) berpengaruh pasca-proses (menggunakan node compositor)
  • Tersedia untuk render eksternal seperti renderers sebagai RenderMan, Povray, Virtualight, Lux, Indigo dan lain-lain

5. Shading
  • Node editor untuk menciptakan dan pencampuran bahan kompleks
  • Materi preview yang diberikan oleh mesin render utama
  • Tangent shading untuk memberikan shader apapun efek anisotropik
  • Normal, perpindahan dan peta bump

6. Realtime 3D/Game Creation
  • Grafis logika editor untuk perilaku interaktif mendefinisikan tanpa pemrograman
  • Tabrakan deteksi dan dinamika simulasi sekarang mendukung Bullet FisikaPerpustakaan . Bullet adalah pendeteksian benturan open source dan tubuh dinamika perpustakaan kaku dikembangkan untuk Play Station 3